kewarganegaraan

Posted: March 25, 2011 in Uncategorized

Kewarganegaraan

Di dalam suatu negara terdapat beberapa komponen yang menjadi akar dari negara tersebut agar negara tersebut dapat berjalan dengan stabil, aman dan sejahtera.
Pengertian dari negara itu sendiri adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaanya baik politik, militer ,ekonomi, sosial dan budayanya diatur oleh kepemerintahaan yang berdaulat di negeri tersebut.
beberapa komponen yang terdapat dalam suatu negara antara lain adalah masyarakat/warga , wilayah dan kepemerintahan yang berjalan.
masyarakat adalah warga negara yang mempunyai tempat tinggal serta mempunyai kesepakatan diri untuk bersatu. Yang dimaksud dengan warga negara adalah penduduk asli Indonesia (pribumi) dan penduduk negara lain yang sedang berada di Indonesia untuk bisnis, wisata dan sebagainya.
Wilayah adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan. Dapat dikatakan menjadi unsur utama pembentuk negara apabila wilayah tersebut mempunyai batas atau teritorial yang jelas atas darat, laut dan udara.
Yang terakhir adalah pemerintah, yaitu organisasi yang memiliki kekuasaan untuk membuat dan menerapkan hukum serta undang-undang di wilayah tertentu.

bentuk pemerintahan juga tidak hanya satu tapi ada beberapa , antara lain adalah monarki dan republik yang terdiri dari beberapa macam seperti monarki konstitusional , republik parlementer dan lain lain.

monarki adalah sistem pemerintahan yang suatu kepala negaranya adalah raja, sultan, kaisar atau ratu , sedangkan republik adalah Negara dimana kepala negaranya seorang presiden republic dapat kita bedakan dalam 2 bentuk yaitu serikat dan kesatuan seperti juga dalam Negara kerajaan Negara rebuplik juga dapat memiliki perdana menteri (PM) yang sudah barang tentu presideng terpilih tidak lebih dari seorang symbol kecuali system pemerintahannya memberikan posisi dominant kepada presiden yaitu dengan jalan tidak dapat dijatuhkan presiden oleh mosi tidak percaya parlemen hal ini dicantumkan oleh kontitusi Negara tersebut

masyarakat memainkan peranan penting dalam suatu negara karena suatu negara tak akan mampu/bisa berjalan tanpa mempunyai warga atau masyarakat, tetapi masyarakat tidak luput dari hak dan kewajiban kepada negara itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa contoh hak dan kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama satu sama lain tanpa terkecuali. Persamaaan antara manusia selalu dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari.
Namun biasanya bagi yang memiliki banyak uang atau tajir bisa memiliki tambahan hak dan pengurangan kewajiban sebagai warga negara kesatuan republik Indonesia.

A. Contoh Hak Warga Negara Indonesia

-Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum
-Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
-Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan
-Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan -masing-masing yang dipercayai
-Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran
-Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh
-Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku

B. Contoh Kewajiban Warga Negara Indonesia

-Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh
-Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda)
-Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya
-Setiap warga negara berkewajiban taat, tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara indonesia
-Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik

selain masyarakat memiliki hak dan kewajiban yang patut diikuti , masyarakat juga mempunyai hak asasi manusia atau HAM yang dimiliki sejak mereka lahir di negara tersebut.
Hak Asasi Manusia atau HAM adalah hak hak yang dimiliki oleh seseorang sejak didalam kandungan . HAM berlaku secara universal dan berikut adalah beberapa contoh HAM :
-Hak untuk hidup.
-Hak untuk memperoleh pendidikan
-Hak untuk hidup bersama-sama seperti orang lain.
-Hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama.
-Hak untuk mendapatkan pekerjaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s