koperasi secara umum

Posted: October 2, 2010 in Uncategorized

bapak koperasi indonesia , bung hatta pernah berkata : “bukan Koperasi namanya manakala di dalamnya tidak ada pendidikan tentang Koperasi.”
maka dari itu disini saya mencoba untuk menulis tentang definisi , mekanisme , dan hal lainnya yang ada di dalam koperasi .
pengertian dari koperasi itu sendiri adalah asosiasi orang-orang yang bergabung dan melakukan usaha bersama atas dasar prinsip-prinsip Koperasi, sehingga mendapatkan manfaat yang lebih besar dengan biaya yang rendah melalui perusahaan yang dimiliki dan diawasi secara demokratis oleh anggotanya.
koperasi juga bertujuan untuk membuat kondisi sosial dan ekonomi anggotanya menjadi lebih baik dibandingkan sebelum bergabung dengan koperasi.
di dalam koperasi juga ada penekanan biaya supaya keuntungan yang diperoleh anggota lebih besar tetapi dalam menetapkan harga koperasi juga menerapkan aturan . harga sesuai dengan biaya sesungguhnya ditambah komponen lain bila dianggap perlu, seperti untuk kepentingan investasi.

koperasi juga merupakan perkumpulan otonom dari orang – orang yang bersatu secara sukarela untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi ekonomi, sosial, dan budaya bersama melalui perusahaan yang mereka miliki bersama dan mereka kendalikan secara demokratis. di dalam koperasi juga segala sesuatu diawasi oleh anggotanya secara demokratis dan menetapkan kebijakan dan membuat keputusaan laki-laki dan perempuan yang dipilih sebagai pengurus atau pengawas bertanggung jawab kepada Rapat Anggota. Dalam Koperasi primer, anggota memiliki hak suara yang sama (satu anggota satu suara) dikelola secara demokratis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s